Jumat, 19 Februari 2016

Daya Tampung Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) Tahun 2016

Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan di Kota Karawang, Jawa Barat. UNSIKA didirikan pada tanggal 2 Februari 1982 oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan. Perguruan tinggi ini diberi nama Raden Adipati Singaperbangsa, pendiri Kadipaten Karawang di bawah Sultan Agung dari Mataram, dengan gelar Adipati Kertabumi III. Sejak tanggal 06 Oktober 2014 UNSIKA (PTS)  alih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Perpres RI nomor 123 tahun 2014, tentang pendirian Universitas Singaperbangsa Karawang.

Sehingga pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada UNISKA tahun 2016 ini seperti perguruan tinggi negeri lainnya, dilakukan melalui: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi secara Mandiri oleh PTN.

SNMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional dengan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.
SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.
Ada juga Seleksi Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN untuk menampung calon mahasiswa yang ingin masuk ke Program Studi yang tidak terakomodir di SNMPTN maupun SBMPTN.
Di Tahun Akademik 2016/2017 ini penerimaan mahasiswa baru Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) dilakukan melalui SNMPTN dan SBMPTN secara nasional dan SMMPTN secara mandiri. Berikut Daya Tampung di masing-masing jalur masuk UNSIKA:




Share this